Selasa, 02 Juli 2013

Mereka yang Mengenakan Topeng



Seorang eksekutif muda dengan harga diri rendah telah dipromosikan. Namun ia tidak dapat menyesuaikan diri dengan kantor dan posisi barunya. Ketika terdengar ketukan di pintunya, maka ia menunjukkan betapa penting dan sibuknya ia, ia mengangkat telepon dan mempersilakan tamunya masuk. Tamu itu tetap mengangguk, sang eksekutif tetap berbicara di telepon, sambil mengangguk-angguk, ia berucap, “Tidak masalah, saya dapt mengatasinya.” Setelah bebrapa menit ia meletakkan telepon dan bertanya pada tamunya apa yang dapat ia lakukan untuknya. Orang itu menjawab, “Pak, saya kemari untuk membetulkan telepon Anda yang rusak.”

Apa makna cerita ini?

Mengapa harus berpura-pura? Apa yang iingin kita buktikan? Apa yang ingin kita raih? Mengapa kita harus berbohong? Mengapa kita mengambangkan perasaan tentang pentingnya suatu kesalahan? Semua ini karena perasaan tidak aman dan harga diri yang rendah.

2 komentar:

  1. harga diri itu sama dgn gengsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. imo itu berbeda, harga diri menyangkut dan berdiri atas dasar nilai-nilai yang diyakini, sedangkan gengsi berdiri atas dasar keengganan/kesombongan

      Hapus