Ada orang yang mengidap penyakit mengeluh yang kronis. Jika
panas, terlalu panas. Jika dingin, terlalu dingin. Setiap haru adalah hari yang
buruk. Mereka mengeluh meskipun segala sesuatu berjalan baik. Mengapa bukan
gagasan yang baik untuk mengeluh? Karena
50% orang tidak peduli jika anda memiliki problem dan 50% sisanya senang jika
anda menghadapi masalah. Apa manfaat mengeluh? Tidak ada yang dapat
diperoleh dengan mengeluh. Mengeluh dapat menjadi sikap kepribadian. Apkah ini
berarti kita tidak boleh mengeluh atau memancing keluhan? Tidak sama sekali.
Sama halnya seperti kritik, jika dilakukan dengan cara yang positif, maka
mengeluh dapat sangat bermanfaat.
Keluhan yang konstruktif adalah:
a. menunjukkan bahwa orang yang mengeluh mempunyai perhatian
b. memberi kesempatan kedua kepada penerima keluhan untuk memperbaiki diri
a. menunjukkan bahwa orang yang mengeluh mempunyai perhatian
b. memberi kesempatan kedua kepada penerima keluhan untuk memperbaiki diri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar