Senin, 15 Juli 2013

Keluhan



Ada orang yang mengidap penyakit mengeluh yang kronis. Jika panas, terlalu panas. Jika dingin, terlalu dingin. Setiap haru adalah hari yang buruk. Mereka mengeluh meskipun segala sesuatu berjalan baik. Mengapa bukan gagasan yang baik untuk mengeluh? Karena 50% orang tidak peduli jika anda memiliki problem dan 50% sisanya senang jika anda menghadapi masalah. Apa manfaat mengeluh? Tidak ada yang dapat diperoleh dengan mengeluh. Mengeluh dapat menjadi sikap kepribadian. Apkah ini berarti kita tidak boleh mengeluh atau memancing keluhan? Tidak sama sekali. Sama halnya seperti kritik, jika dilakukan dengan cara yang positif, maka mengeluh dapat sangat bermanfaat. 


Keluhan yang konstruktif adalah:
a. menunjukkan bahwa orang yang mengeluh mempunyai perhatian
b. memberi kesempatan kedua kepada penerima keluhan untuk memperbaiki diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar