Senin, 08 April 2013

Hukum sebab akibat


Agar dapat berhasil, kita perlu memahami hukum sebab-akibat dan hubungan antara tindakan dan hasil.

Pada setiap akibat selalu ada sebab. Hukum sebab-akibat sama hal nya dengan hukum tabur tuai. Hukum tabur tuai mengungkapkan lima hal:
  1.  Kita harus memiliki keinginan untuk menabur. Keinginan adalah titik awalnya.
  2. Apa yang kita tabur, itulah yang kita tuai. Jika kita menabur kentang, kita akan menuai kentang, bukan tomat.
  3. Kita harus menabur sebelum kita menuai. Menabur dilakukan sebelum menuai, kita harus memberi sebelum menerima. Kita tidak dapat berharap perapian memberi kehangatan kepada kita sebelum kita memasukkan bahan bakar. Ada orang yang selalu berusaha mendapatkan sebelum mereka memberi. Ini adalah cara yang salah.
  4. Jika menabur sebutir benih, maka kita tidak hanya menuai satu buah, tetapi banyak buah. Jika kita menabur benih positif, maka kita akan menuai hal-hal yang positif berlipat ganda, tetapi jika kita menabur benih negatif, maka hasil yang dapat kita tuai adalah juga hal-hal negatif yang berlipat ganda. Bukan hal yang luar bisa jika kita melihat banyak orang berusaha melawan hukum alam.
  5. Seorang petani tahu bahwa kita tidak dapat menabur dan menuai di hari yang sama. Selalu ada masa persiapan.


Ini adalah seperti hukum fisika. Untuk setiap aksi, selalu ada reaksi searah atau reaksi berlawanan. Seringkali orang berusaha mencoba mengubah akibat, bukan penyebabnya. Apakah kita selalu menyirami pikiran kita dengan hal-hal positif atau hal-hal negatif, maka itulah yang akan mengisi pikiran kita. Pada jaman dulu, banyak orang bijak yang telah mngemukakan apa yang dikatakan James Allen dalam bukunya As a Man Thinketh. Pikiran manusia seperti sebuah kebun. Jika kita menanam benih-benih yang baik, maka kita akan memiliki kebun yang indah. Tetapi jika kita tidak menanam apapun, maka rumput liar akan tumbuh. Ini adalah hukum alam.

Demikian pula dengan hidup kita. Saya akan maju selangkah lebih jauh. Meskipun kita menabur benih yang baik, namun rumput liar akan tetap tumbuh. Proses membersihkan rumput liar ini akan berlangsung selamanya.

Jika Anda menuangkan air dalam gelas dan meletakannya pada suhu dibawah nol, maka air akan membeku. Ini bukan sesuatu yang aneh, karena seperti itulah hukum alam. Sebenarnya, hanya hal berikut inilah yang terjadi:

Pikiran-pikiran Anda adalah penyebab
Anda menabur pikiran, Anda menuai tindakan.
Anda menabur tindakan, Anda menuai kebiasaan
Anda menabur kebiasaan, Anda menuai karakter
Anda menabur karakter, Anda menuai nasib
Semuanya berawal dari pikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar